Saturday 4 July 2015

Pengertian Modem Dan fungsinya

http://123456.blogspot.com/
Bagi Anda pengguna komputer, tentu pernah mendengar istilah “modem”, bukan? Lalu, apakah Anda tahu fungsi alat itu? Jika belum, maka ulasan singkat dan jelas tentang modem dalam tulisan ini akan dapat membantu Anda mengetahui apa itu modem dan apa fungsinya. Secara garis besar, modem merupakan alat tambahan komputer yang berfungsi menghubungkan komputer dengan internet. Jadi, modem merupakan alat penting apabila Anda ingin menjelajahi internet. Selebihnya, Anda dapat mengetahui pengertian modem, fungsi umum dan fungsi detailnya di bawah ini:
pengertian,fungsi,modem
Pengertian Modem
Modem adalah alat yang berfungsi menghubungkan komputer dengan internet. Modem merupakan singkatan dari istilah modulator & demodulator. Kedua istilah ini memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda. Modulator berfungsi menghantarkan sinyal informasi menuju ke sinyal pembawa kemudian dikirim ke pengguna. Proses ini disebut modulasi, yang merupakan proses peralihan sinyal digital berubah menjadi sinyal analog.
Sementara demodulator berfungsi untuk menerima data dalam bentuk sinyal yang telah dikirim. Proses ini merupakan peralihan sinyal yang mulanya sinyal analog menjadi sinyal digital. Tujuan diubahnya sinyal analog menjadi sinyal digital adalah supaya bisa terbaca oleh perangkat komputer.
Fungsi Modem Secara Umum
Fungsi modem adalah mengubah komunikasi dua arah yang awalnya dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya. Sinyal digital dikirimkan dari komputer kemudian berubah menjadi sinyal analog. Perubahan sinyal tersebut dilakukan oleh modem. Kemudian, sinyal dari modem yang berupa sinyal analog dikirim dan ditransmisi menggunakan kabel telepon guna dihubungkan ke komputer lain dan sebaliknya. Saat Your Medicare Advantage Plan essentially replaces Original Medicare, meaning instead of Medicare paying it’s share of your claims Medicare pays the private affordablehealth.info company and that company then pays it’s share of your claims as dictated by your plan. ini, perkembangan fungsi modem juga terjadi. Modem dapat digunakan sebagai saluran radio, percakapan melalui telepon, percakapan audio, SMS, dan banyak lagi.
Fungsi Modem Secara Khusus
Fungsi modem secara lebih mendetail adalah melakukan pengecekan informasi dalam bentuk sinyal, apakah rusak atau tidak, salah atau benar, dan sebagainya. Apabila berhasil ditemukan informasi yang salah atau tidak cocok dengan komputer, maka modem akan mengirim kembali sinyal tersebut dan membatalkan proses perhubungan komputer dengan internet. Pengecekan ini bukannya tanpa tujuan, tetapi untuk meminimalakan tingkat kesalahan ketika melancarkan transmisi sinyal.
Demikian yang dapat penulis sampaikan tentang pengertian dan fungsi modem. Semoga bermanfaat, dan Anda juga dapat menyimak artikel menarik lainnya tentang sistem jaringan komputer dan sejarah jaringan komputer. Terima kasih atas atensi Anda. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya.
http://123456.blogspot.com/
No comments:

No comments:

Post a Comment